Tips Praktis untuk Membersihkan Wastafel Cuci Piring

  • Magesoft
  • Sep 18, 2023
sabun cuci piring murah

Wastafel cuci piring adalah salah satu bagian penting dalam dapur yang seringkali diabaikan dalam rutinitas kebersihan sehari-hari. Padahal, wastafel ini merupakan tempat utama untuk mencuci piring dan alat-alat masak, sehingga kebersihannya sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga Anda. 

Menjaga kebersihan wastafel cuci piring padahal tidak sesulit yang dibayangkan. Anda hanya membutuhkan beberapa peralatan pembersih seperti spon, sarung tangan, baking soda, hingga sabun cuci piring murah yang dapat dibeli di Blibli. 

Dalam artikel ini akan membahas cara membersihkan wastafel cuci piring dengan efektif dan praktis. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat menjaga wastafel tetap bersih, bebas dari kuman, dan tahan lama.

sabun cuci piring murah

Cara Membersihkan Wastafel Cuci Piring

1. Persiapan Awal

Sebelum Anda mulai membersihkan wastafel, pastikan Anda telah menyiapkan semua perlengkapan yang diperlukan. Anda akan memerlukan sarung tangan karet, spons atau sikat pembersih, deterjen cuci piring, baking soda, dan cuka putih. Selain itu, pastikan wastafel dalam keadaan kosong, tanpa piring atau alat masak yang menghalangi akses saat membersihkan.

2. Bilas Permukaan Wastafel

Langkah pertama adalah membilas permukaan wastafel dengan air hangat. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sisa-sisa makanan, minyak, dan kotoran yang mungkin menempel pada wastafel. Gunakan keran dengan air hangat selama beberapa menit hingga permukaan wastafel terasa lembut.

3. Gunakan Deterjen Cuci Piring

Setelah membilas wastafel, tuangkan deterjen cuci piring ke spons atau sikat pembersih. Gosokkan spons atau sikat ke seluruh permukaan wastafel, termasuk sudut-sudutnya. Pastikan Anda membersihkan dengan lembut dan teliti. Deterjen cuci piring akan membantu menghilangkan minyak dan lemak yang menempel pada wastafel.

4. Baking Soda untuk Menghilangkan Noda

Jika Anda memiliki noda atau kerak yang sulit dihilangkan, baking soda adalah solusi yang efektif. Taburkan baking soda secukupnya ke permukaan wastafel yang basah, lalu gunakan spons atau sikat pembersih untuk menggosoknya perlahan. Baking soda adalah agen pembersih alami yang dapat membantu menghilangkan noda tanpa merusak permukaan wastafel.

5. Cuka Putih untuk Menghilangkan Bau

Kadang-kadang, wastafel bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan cuka putih. Campurkan sejumlah kecil cuka putih dengan air hangat dalam wadah. Gunakan campuran ini untuk membilas permukaan wastafel setelah membersihkannya dengan baking soda. Cuka putih akan membantu menghilangkan bau yang tidak sedap dan memberikan kesegaran pada wastafel.

6. Sikat Sudut-sudut dan Keran

Jangan lupa membersihkan sudut-sudut dan keran wastafel. Sudut-sudut dan keran sering menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan bakteri. Gunakan sikat pembersih atau sikat gigi bekas yang telah dibersihkan untuk mencapai area-area sulit dijangkau ini.

7. Bilas dan Keringkan dengan Baik

Setelah Anda yakin bahwa wastafel sudah bersih, bilaslah dengan air bersih untuk menghilangkan sisa deterjen atau baking soda. Kemudian, keringkan wastafel dengan handuk bersih atau tisu kertas. Pastikan wastafel benar-benar kering untuk mencegah noda air.

Membersihkan wastafel cuci piring sebenarnya tidaklah sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat. Dengan menjaga wastafel tetap bersih dan bebas dari kuman, Anda dapat memastikan keamanan dan kesehatan keluarga Anda. 

Rutin membersihkan wastafel juga akan menjaga wastafel tetap tahan lama dan terhindar dari kerusakan. Ingatlah bahwa kebersihan adalah salah satu kunci utama untuk menjaga kehidupan sehari-hari yang sehat dan nyaman.

Segera beli keperluan untuk membersihkan wastafel cuci piring di Blibli! Anda bisa menemukan banyak pilihan sabun cuci piring murah di sini. Cek laman Blibli atau download gratis aplikasinya sekarang juga, ya!