Tips kecantikan: Inilah 4 Fakta Eksfoliasi Kulit yang Sebaiknya Diketahui!

  • 2 min read
  • Jul 08, 2021
Fakta Eksfoliasi Kulit

Tips kecantikan – Eksfoliasi merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga agar kulit wajah tetap sehat. Proses eksfoliasi bisa membuat kulit wajah anda tampak lebih halus dan glowing. Dengan eksfoliasi sela kulit mati dan kotoran yang mengendap di pori-pori akan terangkat. Namun sayang, banyak sekali yang masih ragu untuk melakukan eksfoliasi karena ada berbagai mitos yang tersebar. Anggapan keliru tersebut membuat banyak orang yang melewatkan proses eksfoliasi dalam rangkaian perawatan kulitnya.

Padahal, selama proses eksfoliasi dilakukan dengan tepat serta menggunakan produk yang aman, proses tersebut tidak akan berdampak negatif pada kulit wajah. Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut sekilas ulasan tentang tips kecantikan, 4 fakta menarik tentang eksfoliasi.

Berikut Tips Kecantikan Tentang 4 Fakta Menarik Tentang Eksfoliasi yang Sebaiknya Diketahui!

Secara umum, eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel kulit mati yang berasal dari lapisan kulit yang paling luar. Tujuan dari eksfoliasi ini sendiri yaitu untuk menjaga kebersihan kulit serta mengangkat kotoran yang tersisa agar kulit wajah tampak lebih bersih dan tidak kusam. Berikut 4 fakta menarik tentang eksfoliasi yang sebaiknya diketahui:

  • Membantu Proses Regenerasi Kulit

Walaupun terus berada di rumah, minyak di wajah serta debu di dalam rumah akan tetap menghasilkan sel kulit mati. Dengan begitu, untuk menghindari penumpukan sel kulit mati perlu dilakukannya proses regenerasi kulit melalui eksfoliasi. Ingat, penumpukan sel kulit mati bisa memicu timbulnya jerawat serta komedo pada wajah.

  • Dapat Dilakukan Secara Chemical dan Physical

Fakta menarik berikutnya yaitu eksfoliasi bisa dilakukan dengan dua cara yaitu chemical dan physical. Chemical merupakan eksfoliasi yang dilakukan secara kimia dimana metode ini biasanya digunakan dengan menggunakan produk berbahan acid yang tersedia dalam bentuk cream maupun cairan.

Sedangkan kedua yaitu physical atau secara fisik dimana metode eksfoliasi ini dilakukan dengan menghilangkan sel kulit mati secara manual dengan menggunakan butiran halus atau scrub. Metode yang satu ini terbilang mudah serta aman dilakukan untuk berbagai jenis kulit.

  • Face Scrub, Agen Eksfoliasi yang Paling Aman

Pemakaian produk berbentuk scrub menjadi salah satu cara eksfoliasi yang paling populer dan banyak digunakan. Selain mudah digunakan, produk scrub ini sudah tersedia di banyak pasaran. Cara penggunaanya cenderung mudah dimana anda hanya cukup memberikan pijatan lembut pada wajah lalu bilas dengan air bersih.

  • Lakukanlah Eksfoliasi 3 Hingga 4 Kali Dalam Seminggu

Eksfoliasi tidak harus dilakukan setiap hari. Anda bisa menggunakan eksfoliasi dengan menggunakan scrub atau eksfoliasi phisycal selama 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Sementara untuk eksfoliasi chemical bisa anda lakukan hanya 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

Waktu yang tepat untuk melakukan eksfoliasi yaitu pada malam hari sebelum tidur. Pada saat itu, eksfoliator akan bekerja lebih maksimal serta bebas dari paparan sinar matahari. Selain itu, pastikan anda juga memiliki produk eksfoliasi yang disesuaikan dengan jenis kulit anda.

Memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat menjadi dambaan semua orang. Namun untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat diperlukan beragam macam perawatan salah satunya dengan cara eksfoliasi. Perawatan ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit wajah anda terlihat lebih bersih dan bebas dari kusam.  Itulah sekilas tentang tips kecantikan, 4 fakta menarik tentang eksfoliasi. Dari ulasan diatas tentu disimpulkan bahwa eksfoliasi masih aman dilakukan dengan cara dan produk yang tepat.