Selain Menyegarkan, Inilah 7 Manfaat Menyantap Semangka

  • 2 min read
  • Sep 08, 2021
Semangka

Ketika kita sedang merasakan suasana panas di siang hari, apa sih yang akan terlintas di benak kita? Benar sekali! Pastinya, ada potongan buah semangka yang akan memberikan kita kesegaran dengan teksturnya yang berair, renyah, dan dingin. Tentu saja, selain memiliki rasa yang menyegarkan, ada banyak manfaat semangka yang dapat kita rasakan.  Di dalam satu gelas semangka, kita bisa mendapatkan 20% vitamin C, 17% vitamin A. Apalagi, kandungan kalori pada buah ini sangatlah minim, yakni hanya 46 kalori saja. Nah, untuk mendapatkan semangka yang berkualitas dan lezat, kita bisa langsung memesan di TaniHub, sebuah platform online yang menyediakan bermacam-macam buah dan sayuran berkualitas terbaik. Tentu saja, kualitas tersebut akan menjamin kita bisa mendapatkan 7 manfaat semangka secara efektif yang penjelasannya terdapat pada uraian di bawah.

1. Membuat tubuh tetap terhidrasi

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, kita memang bisa melakukannya dengan mengonsumsi air putih. Akan tetapi, selain konsumsi air putih, kita pun bisa melakukan variasi dengan bermacam-macam pilihan makanan yang kandungan airnya tinggi seperti semangka yang memiliki 92% air. Kandungan air ini tentu akan membuat kita mudah merasa kenyang.

2. Kaya akan kandungan nutrisi

Semangka termasuk sebagai salah satu jenis buah yang memiliki beragam nutrisi di dalamnya. Apalagi, kalorinya juga rendah, yakni sebesar 46 kalori pada setiap 154 gram semangka. Bukan hanya itu saja, sebuah semangka juga mengandung banyak jenis nutrisi, di antaranya ialah vitamin A, vitamin B1, B5, B6, serta magnesium.

3. Mengurangi risiko kanker

Berdasarkan beberapa penelitian, dijelaskan bahwa semangka yang memiliki kandungan likopen dapat menurunkan risiko kanker prostat. Apalagi, ada kandungan vitamin C yang tinggi dan berperan penting untuk mengatasi radikal bebas. Ada juga cucurbitacin C yang akan berfungsi menghambat tumor tumbuh.

4. Memelihara kesehatan jantung

Berdasarkan sebuah penelitian, dijelaskan bahwa adanya likopen di dalam semangka berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol. Ada juga citrulline pada semangka yang berfungsi untuk mengurangi tekanan darah. Kemudian, nutrisi berupa magnesium, vitamin A, serta vitamin C baik untuk memelihara kesehatan jantung kita.

5. Mengurangi resiko degenerasi makula pada mata

Ternyata, semangka yang memiliki kandungan likopen yang kaya akan membantu kita untuk mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula di mata kita. Berdasarkan penelitian, dijelaskan bahwa likopen akan mencegah degenerasi makula yang dapat disebabkan oleh usia maupun AMD yang dapat menyebabkan kebutaan pada lansia.

6. Mengurangi rasa nyeri otot

Terkadang, ketika kita selesai berolahraga, kita dapat merasakan nyeri pada otot. Namun, hal ini bisa diatasi dengan jus jus semangka. Soalnya, ada kandungan citrulline yang terdapat pada semangka dan membuatnya mengurangi rasa letih.

7. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Ingin menjaga kesehatan kulit dan rambut? Konsumsi semangka bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Soalnya, ketika kita kekurangan vitamin A, maka kulit kita bisa terlihat kering. Sementara itu, ketika kita mengkonsumsi vitamin C, maka kita bisa membantu tubuh kita untuk memproduksi kolagen secara efektif. Di samping itu, ada juga protein yang akan membuat kulit kita menjadi kenyal dan rambut kita semakin kuat.

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengkonsumsi semangka, baik secara langsung maupun diolah. Apalagi, sekarang ini tidak sulit kok untuk mendapatkan buah semangka. Tinggal klik dan pilih di TaniHub, kemudian semangka kesukaan kita akan langsung bisa diantar dan disantap.