Sebab-sebab Batal Puasa yang Beberapa Orang Sering Lupa

  • Magesoft
  • Apr 28, 2021
Sebab-sebab Batal Puasa yang Beberapa Orang Sering Lupa

Mungkin umat Islam sudah tahu semuanya bahwa jika kita makan minum sengaja saat berpuasa, maka hal tersebut bisa membatalkan puasanya. Tetapi tidak hanya itu saja hal yang membatalkan puasa di bulan Ramadan. Beberapa hal bahkan ada yang sering dilupakan sehingga kita sudah sepatutnya belajar maksimal seputar hal ini. Sehingga ibadah puasa yang dilakukan bisa full atau berhasil secara sempurna.

Suntikan

Ada beberapa orang yang mungkin bingung apakah suntikan ini bisa membatalkan puasa atau tidak. Pada umumnya pada saat disuntik, maka akan dimasukkan cairan dan obat yang baik bagi tubuh. Meski begitu, suntikan ini adalah hal yang bisa membuat puasa kita batal. Cairan suntikan yang masuk dalam tubuh tersebut bahkan ada yang dapat menghilangkan rasa lapar dan haus juga pada tubuh. Tetapi yang paling penting adalah segala yang dimasukkan ke tubuh itu dapat membatalkan puasa.

Berhubungan Seksual

Ada lagi kegiatan yang membatalkan ibadah wajib puasa yaitu jika kita melakukan hubungan suami istri atau hubungan seksual. Jika suami istri melakukan hal ini saat masih siang hari, maka bisa membuat batal ibadah puasa. Lalu apa alasannya hubungan intim ini bisa membatalkan? Hal ini karena tidak dapat menahan nafsu, sementara pada saat beribadah puasa, wajib untuk menahan puasa selain menahan haus dan lapar. Kalau kamu berhubungan intim saat berpuasa, kamu diwajibkan mengganti puasa atau membayar kifarat.

Sama Juga Dengan Keluar Air Mani

Bukan hanya hubungan intim saja yang bisa membatalkan puasa, ada juga hal serupa yang dapat membatalkan puasa yaitu keluar sperma atau air mani. Hal ini juga bisa membuat puasa menjadi batal. Pada umumnya kalau mengeluarkan sperma, maka sebelumnya kita terangsang akan sesuatu dalam hal ini masuk lingkup nafsu. Tetapi ada hal penting lainnya yang perlu dipahami yaitu jika kita keluar air mani saat sedang mimpi basah, puasa tidak akan batal. Hal ini yang menjadi simpang siur sehingga terkadang banyak orang yang kebingungan.

Menelan Dahak

Untuk poin yang satu ini mungkin banyak juga yang lupa atau bahkan sama sekali tidak mengetahuinya. Jika mengeluarkan dahak dan sudah dikeluarkan menuju rongga mulut, dan ditelan kembali sengaja, hal ini bisa membatalkan puasa. Ada juga beberapa pendapat para ulama seputar dahak ini yang berasal dari area pangkal hidung, sehingga keluarnya tidak dari mulut layaknya air liur yang dari mulut. Sehingga hal seperti ini mirip saja dengan muntah, muntah itu sendiri merupakan hal yang membuat ibadah puasa seseorang batal. Jika hanya dahak, maka cukup berbeda dengan muntah karena dahak masih memungkinkan bagi seseorang menghindari untuk menelannya.

Berenang

Berenang juga menjadi hal yang membuat orang bingung apakah membatalkan puasa atau tidak. Kita perlu tahu kalau pada dasarnya renang diperbolehkan saja pada saat berpuasa. Tetapi ada hal penting lain yang kamu harus tahu yaitu harus menjaga agar air tidak ada yang masuk dalam tubuh kamu. Sebenarnya hal seperti ini pastinya akan sulit dihindari. Sehingga akan lebih baiknya atau lebih aman kamu menunggu waktu berbuka baru mulai berenang.

Mengobati Dubur atau Kemaluan

Hal satu ini jarang dilakukan, tetapi jika melakukan pengobatan lewat kemaluan, atau dubur bagi mereka yang sedang sakit, maka bisa membatalkan puasa. Karena obat atau alat tersebut masuk ke tubuh, sehingga merupakan hal yang bisa membuat puasa kita menjadi batal.