Penyimpanan Ruang Pada Hanphone Selalu Penuh? Begini Cara Mengatasinya!

  • 3 min read
  • Jan 23, 2021
Penyimpanan Ruang Pada Hanphone Selalu Penuh

Memang sangat menjengkelkan ketika mendapat notification bahwa ruang penyimpanan Anda penuh, huft. Hal ini terjadi karena memori internal yang ada pada smartphone kamu telah terisi semuanya. Ruang penyimpanan sangat dibutuhkan untuk segala jenis fitur yang ada di dalam smartphone kamu. Setiap layanan fitur memang berbeda kapasitas ruang yang dibutuhkan,. Semakin besar ukuran kapasitas dari fitur aplikasi yang kamu download, semakin penuh juga ruang penyimpanan yang telah disediakan oleh smartphone kamu. Sebaiknya kamu dapat membatasi aplikasi yang dapat diperlukan, dan tidak pula diperlukan.

Karena itu, kamu harus mengetahui cara untuk mengatasi memori internal yang penuh dan harus paham tips agar menghindari agar memori internal kamu tidak mudah penuh. Tulisan ini tentunya akan mengulas tips untuk mengatasi memori internal kamu agar tidak membludak atau penuh.

Tips mengatasi momeri internal agar tidak penuh

  1. Lakukan secara rutin untuk selalu membersihkan file cache dan junk

File tersebut merupakan sampah dari berbagai berkas yang sudah tidak terpakai pada smartphoe kamu. File cache itu semua tidak akan digunakan lagi dan membuat memori internal pada smartphone kamu menjadi penuh. File cache (sampah) akan selalu muncul walaupun kerap kali kamu telah menghapusnya. Cara yang paling jitu dengan kamu selalu memantau dan menjadwalkan agar rutin di hapus dari smartphone yang membuat penuh memori internal kamu.

  1. Hindari untuk melakukan instalisasi aplikasi yang berat

Pada Google Play Store yang sering digunakan pada fitur Android memang banyak tersedia aplikasi-aplikasi salah satunya adalah game yang sering kali banyak di install oleh banyak orang. Terkadang kita asal menginstall aplikasi sesuai keinginan, akan tetapi tidak melihat kapasitas yang disediakan oleh smartphone. Biasanya aplikasi berat adalah game HD. Aplikais berat tersebut biasanya punya tingkat grafis yang tinggi. Dengan artian membutuhkan banyak file gambar yang  berarti ukurannya bakal besar.

  1. Menginstall aplikasi yang tidak diperlukan

Semakin banyak aplikasi, semakin penuh juga memori internal kamu. Coba deh, perhatikan aplikasi-aplikasi yang kamu install. Apakah sering digunakan, atau hanya menjadi pajangan? Lebih baik, uninstall saja aplikasi yang tidak diperlukan, atau aplikasi yang memiliki fungsi sama dengan yang lain.

  1. Nonaktifkan download otomatis pada media

Pada beberapa media memang ada aplikasi penyimpanan filenya secara otomatis. Maka kamu bisa menonaktifkannya, untuk mengurangi memori internal kamu agar tidak penuh.

  1. Backup chat dan media WhatsApp ke Google Drive

Daripada chat log dan media memenuhi memori internal, lebih baik backup ke Google Drive. Kamu tidak perlu khawatir memori internal penuh atau jika ada beberapa hal yang kamu hapus dari WhatsApp. Kalau mau mencari file, tinggal akses Google Drive, dan data kamu tidak akan hilang.

  1. Gunakan SD Card sebagai memori penyimpanan media

Meskipun memori internal kamu cukup besar, perlu juga untuk menggunakan memori eksternal. Guna memori ekternal agar meminimalisir file yang masuk pada memori internal agar tidak terlalu penuh.

  1. Streaming saja, tidak perlu di download

Sering kali file musik ataupun video yang kamu pakai bahkan sampai mendownloadnya, berakhir terlalu banyak di penyimpanan yang membuat memori internal menjadi penuh. Sekarang sudah hadir situr streaming yang memudahkan kamu untuk menonton video atau mendengarkan musik tanpa menyimpan filenya.

  1. Menghapus aplikasi bloatware

Aplikasi bloatware merupakan aplikasi yang sudah ada (bawaan) pada smartphone kamu. Pada umumnya aplikasi bawaan tidaklah begitu penting, dan sering kali tidak digunakan. Untuk mengantisipasi agar memori internal tidak penuh. Cobalah untuk menghapus beberapa aplikasi bloat yang tidak kamu gunakan.

  1. Root!

Root ini merupakan cara terakhir yang mungkin bisa kamu lakukan, agar memori internal pada smartphone kamu menjadi tidak penuh. Dengan root, kartu SD Card bisa dijadikan memori internal. Akan tetapi, jika kamu me-root garansi pada smartphone yang kamu miliki akan hangus.

Selesai sudah ulasan terkait tips mengatasi momeri internal agar tidak penuh. Jika smartphone kamu sudah tidak memungkinkan untuk dipakai lagi. Kamu bisa membeli Hp Murah Ram Besar agar lebih nyaman digunakan dan dapat menyimpan banyak file.