Pentingnya Mencuci Tangan dengan Cara yang Baik dan Benar

  • 2 min read
  • Mar 13, 2020
Mencuci Tangan

Sesederhana kelihatannya, mencuci tangan dengan benar tetap menjadi cara paling efektif untuk menghilangkan kuman dan bakteri berbahaya dari tangan kita. Ini mencegah penyebaran penyakit dan menjaga lingkungan kita agar tetap aman, segar, dan bersih. Ada banyak cara mudah untuk menjaga tangan tetap bersih. Metode umum yang digunakan yaitu termasuk penggunaan sabun dan air yang cukup atau membersihkan tangan dengan menggunakan handsanitizer berbasis alkohol yang baik ketika air tidak mudah diakses. Akan lebih mudah untuk melakukan cuci tangan dengan lebih serius ketika kita mengetahui manfaat menjaga kebersihan tangan sebisa mungkin dan juga menjaga kebersihan lingkungan dengan baik.

Bakteri ada di mana-mana! Kita juga memilikinya di dalam tubuh kita! Beberapa di antaranya adalah bakteri baik dan kita membutuhkannya, tetapi yang lain yang berupa bakteri jahat bisa membuat kita terserang beberapa penyakit, Jika mereka mengambil alih sistem kekebalan tubuh. Bukan hanya bakteri saja, dengan menjaga kebersihan pada tangan kita, kita juga bisa melindungi diri kita dari infeksi virus. Bakteri dan virus memang tersebar dimana-mana dan bisa saja pada akhirnya menempel ke ponsel, pakaian, kenop pintu, dan masuk ke tubuh kita tanpa disadari. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mencuci tangan dengan benar karena itu adalah garis pertahanan pertama melawan penularan bakteri dan virus. Untuk orang yang sehat dengan kekebalan yang kuat, fakta-fakta ini tidak menyebabkan banyak kekhawatiran. Sayangnya, tidak semua orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Bagaimana dengan anak-anak yang baru saja membangun sistem kekebalan tubuh mereka dan orang-orang yang sudah lanjut usia yang lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan virus, belum lagi mereka para petugas kesehatan yang selalu berhubungan dengan orang yang terinfeksi dari jarak yang dekat. orang yang memiliki sistem kekebalan yang melemah dan selalu berisiko tertular bakteri dan virus berbahaya jika mereka hidup di lingkungan yang kotor.

Jadi, selain menganjurkan untuk mencuci tangan secara teratur, penting juga untuk dicatat bahwa agar tangan kita benar-benar bebas dari kuman, mereka harus dicuci dengan cara yang benar.

Publikasi kesehatan reguler Harvard Medical School menunjukkan bahwa tangan harus digosokkan setidaknya selama 15 detik setelah menggunakan sabun. Setelah ini dilakukan, tangan dapat dibilas dengan satu bilasan. Cuci tangan yang baik membutuhkan fokus pada telapak tangan, punggung tangan dan juga ujung jari. Di sini, kami telah menyoroti langkah-langkah yang tepat untuk mencuci tangan agar tetap bebas dari bakteri dan virus berbahaya.

Cara cuci tangan yang benar:

  1. Basahi tangan kalian di bawah keran selama beberapa detik
  2. Gosokkan sabun ke seluruh telapak tangan dan punggung tangan kalian.
  3. Ketika busa sudah banyak, terus gosok kedua telapak tangan kalian.
  4. Gosokkan telapak satu tangan di atas punggung tangan yang lain dengan jari-jari tangan satu sama lain secara bersamaan, ulangi ini untuk sisi lain.
  5. Gosok kedua telapak tangan, gosok sela-sela jari kalian satu sama lain juga.
  6. Dengan jari-jari satu tangan, gosok bagian belakang jari di sisi lain dan sebaliknya.
  7. Gosok ibu jari pada telapak tangan masing-masing satu demi satu dalam gerakan melingkar.
  8. Ambil jari satu tangan di telapak tangan yang lain dan gosok dengan gerakan memutar, lakukan ini untuk kedua tangan.
  9. Bilas kedua tangan dengan air.
  10. Keringkan tangan tangan kalian dengan tissue.
  11. Gunakan tisu saat mematikan keran.