Mengenal Cek Resi untuk Lacak paket, Pengertian dan Manfaatnya

  • Magesoft
  • Aug 06, 2022

Bagi Anda yang terbiasa dalam melakukan pengiriman barang. Baik itu sebagai pelaku bisnis online, maupun pelaku ekspor impor. Pastinya Anda tak ingin ketinggalan mengenai informasi kapan paket/barang yang Anda kirimkan tersebut akan diterima oleh pelanggan/importir Anda, dimana posisi paket sekarang, dan lain-lain. Untuk mendapatkan informasi tersebut, tentunya dengan melakukan lacak paket atau bisa dilakukan dengan cek resi terlebih dahulu. Kamu juga bisa dengan cek resi sicepat halu untuk mengetagui paket kamu ada di mana.

Pengertian Dari Cek Resi untuk Lacak paket

Resi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bermakna tanda penerimaan, yang dilakukan secara tertulis. Lebih jauhnya lagi yaitu sebagai tanda penerimaan tertulis dari pengiriman surat, paket, dan yang lainnya.

Pengertian lainnya dari resi ini yaitu sebagai bukti penerimaan atas sejumlah barang yang dikirimkan. Dimana resi ini akan diberikan oleh jasa pengiriman/aggregator logistik, yang berperan dalam mengirimkan sejumlah barang/paket tersebut.

Lacak paket Resi Dan Sejumlah Manfaatnya

Bisa dibilang, cek resi merupakan langkah yang paling mudah dalam melakukan pelacakan barang/paket dengan lebih mudah. Namun apakah hanya itu saja? Tidak juga, karena pengecekan resi ini juga, ternyata memiliki beberapa manfaat lainnya. Diantaranya:

1. Memastikan Paket/Barang Telah Dikirim

Manfaat yang pertama dari proses cek resi, yaitu memastikan bahwa barang/paket yang ingin Anda kirimkan tersebut, memang telah dikirim ke alamat tujuan, seperti yang Anda inginkan. Dengan nomor resi yang diberikan, memungkinkan setiap barang/paket yang dikirimkan, tidak akan tertukar, antara satu dengan yang lainnya.

2. Memudahkan Dalam Lacak Paket

Selain sebagai bukti, bahwa paket telah dikirimkan. Manfaat lainnya dari pengecekan resi ini juga, yaitu untuk memudahkan dalam pelacakan barang/paket. Dalam arti, Anda sebagai pihak pengirim, maupun pelanggan Anda yang bertindak selaku penerima, pastinya ingin mengetahui mengenai keberadaan paket saat itu.

Dengan lacak paket yang dilakukan dengan pengecekan resi ini juga, setidaknya bisa digunakan dalam memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan, hingga akhirnya paket bisa sampai di tangan penerima.

3. Memastikan Kondisi Dari Setiap Barang/Paket Yang Dikirimkan

Manfaat lainnya dari pengecekan dengan menyertakan nomor resi ini yaitu bisa memastikan kondisi dari setiap paket yang dikirimkan dalam keadaan baik. Nah, jika ternyata, setelah barang diterima oleh si penerima, dan terbukti kondisi barang dalam keadaan rusak.

Maka Anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan nomor resi yang diberikan. Dari nomor resi tersebut bisa diketahui, bahwa kerusakan tersebut tidak terjadi sebelum barang dikirimkan. Namun mungkin saja disebabkan oleh kesalahan dari pihak logistik/jasa pengiriman, dan yang lainnya.

4. Bisa Meningkatkan Kepercayaan Dari Pelanggan/Klien Anda

Selain yang telah dijelaskan di atas, cek resi ini juga secara tidak langsung bisa meningkatkan kepercayaan dari para pelanggan dan juga klien Anda. Mengapa dikatakan demikian? Karena dengan nomor resi yang diberikan pada pelanggan Anda, sebagai penerima. Baik itu nomor resi yang diberikan melalui chat, ataupun pesan pribadi.