Khusus untuk Teknisi IT, Kamu harus Punya 7 Tools Ini!

  • 2 min read
  • Sep 15, 2019
Khusus untuk Teknisi IT, Kamu harus Punya 7 Tools Ini

Sumber : itonelinelearning.com

Sebagai seorang teknisi kita pasti akan selalu dituntut untuk memberikan support kepada sebuah perusahaan, instansi maupun lembaga tempat kerja. Entah itu dari segi praktek lapangan, teori hingga keduanya. Jadi, tak heran jika kita akan dihadapkan dengan pekerjaan hardware maupun software. Sebab itulah menyiapkan tools atau peralatan menjadi keperluan yang sangat wajib bagi seorang teknisi sehingga pekerjaan kita dapat berjalan dengan mudah.

Bagi para teknisi laptop, flashdisk, DVD external serta beberapa software tambahan lainnya seperti antivirus dan microsoft office atau kita bisa menyebutnya sebagai teknisi IT sudah sewajarnya mempersiapkan tools yang dibutuhkan. Apa saja tools yang harus dimiliki bagi seorang teknisi komputer atau IT? Yuk, langsung simak disini!

  1. Obeng

Obeng

Sumber : ktmstore.id

Pekerjaan dasar seorang teknisi IT yakni dapat menginstal ulang sistem operasi seperti windows, aplikasi dan anti virus hingga merakit komputer. Nah, untuk merakit maupun membuka casing CPU pastinya kamu harus memerlukan sebuah obeng, baik itu obeng minus maupun plus. Dengan adanya obeng kamu akan mudah untuk membuka casing CPU pada komputer tersebut.

  1. Lan Tester

Lan Tester

Sumber : jogjabolic.id

Jika kamu ingin mengecek kabel UTP yang telah dipasang pada RJ-45 atau RJ-11 tools ini harus selalu dibawa dan wajib ada. Sebab dengan adanya Lan tester ini kamu bisa mengecek hasil kabel ethernet yang sudah dirakit sesuai warna baik itu bagus atau tidak. Karena faktanya sering terjadi disconnected cabling, entah itu penyebabnya dari RJ45 yang rusak maupun kabel yang putus, well kamu harus membawa tools satu ini.

  1. CD /DVD Room External

CD DVD Room External

Sumber : idealhomeadvise.com

Dengan adanya CD atau DVD Room external ini kamu bisa menyimpan master software windows, anti virus maupun aplikasi. Pastikan kamu harus punya alat satu ini karena tak jarang teknisi komputer diharuskan untuk menginstal ulang sebuah PC maupun laptop.

  1. Kabel Patch cord

Kabel Patch cord

Sumber : ngulik.org

Kabel Patch cord ini merupakan sebuah kabel utp yang berjenis stranded TU serabut. Fungsi dari kabel ini adalah sebagai penghubung perangkat pasif ke aktif. Selain itu biasanya kabel ini juga sangat dibutuhkan untuk mengecek router pada transmisi kabel. Sebab tak jarang bagi para teknisi komputer akan dipertemukan dengan masalah router hanging.

  1. USB modem

USB modem

Sumber : murdockcruz.com

Seorang teknisi komputer yang profesional pasti akan selalu mengupdate wawasannya dengan mengikuti perkembangan dunia IT. Biasanya mereka akan lebih sering browsing untuk mempelajari metode memperbaiki suatu masalah dan kerusakan yang terjadi pada komputer. Dengan mempelajarinya mereka akan lebih siap dalam menyelesaikan masalah yang terjadi.

  1. Amperemeter / Ampere Meter

Amperemeter Ampere Meter

Sumber : temukanpengertian.com

Dengan adanya Amperemeter ini kamu bisa dengan mudah mengukur kuat arus listrik yang ada di dalam sebuah rangkaian tertutup. Amperemeter ini biasanya dipasang ke elemen listrik dengan susunan berderet. Cara menggunakannya pun cukup mudah kamu hanya perlu menyisipkan alat ini secara langsung pada rangkaian kabel. alat ini harus dimiliki oleh semua teknisi listrik.

  1. Voltmeter / Volt Meter

Voltmeter Volt Meter

Sumber : schoolspecialty.com

Voltmeter merupakan tools teknisi yang bisa kamu gunakan untuk mengukur beda potensial listrik. Biasanya voltmeter ini disusun secara paralel atau sejajar dalam menggunakannya pada sumber tenaga maupun peralatan listrik. Cara menggunakannya pun kamu cukup menghubungkan kutub positif pada terminal positif dan kutub negatif pada terminal negatif. Alat ini juga harus dimiliki oleh seorang teknisi profesional.

Jadi, itulah 7 tools yang harus dimiliki dan selalu dibawa oleh seorang teknisi. Kamu juga bisa menambahkan beberapa peralatan lainnya supaya lebih lengkap. Kalau peralatan kamu lebih lengkap pastinya pekerjaan akan lebih cepat selesai. Selain itu kamu akan lebih profesional lagi menggunakan tools tersebut. Jadi, apakah peralatan teknisi kamu sudah lengkap? Kalau belum, buruan lengkapi ya!. Baca juga Xiaomi garap smartphone lima kamera, benarkah?.