Menikmati waktu akhir pekan atau masa liburan bersama dengan keluarga adalah impian besar setiap orang, utamanya bagi mereka yang sibuk melakukan aktivitas harian. JIka Anda ingin menghabiskan waktu bersama keluarga seperti mengunjungi beberapa lokasi wisata dengan jarak yang cukup jauh, maka kebutuhan alat transportasi pun menjadi bagian penting yang harus diperhatikan. Pada dasarnya ada banyak pilihan dari alat transportasi yang dapat Anda gunakan, dimulai dari rental kendaraan mobil, menggunakan angkutan umum, berupa bus, ataupun kereta api. Namun dari sekian banyaknya pilihan tersebut, kereta api lebih banyak diminati dan digunakan, Hal ini berkaitan dengan beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila melakukan perjalanan Selama liburan dengan kereta api, ingin tahu apa saja? simaklah penjelasannya berikut ini:

  1. Harga tiket murah

Jika dibandingkan dengan harga atau tarif alat transportasi umum lainnya, tiket kereta api dikenal dengan harga paling murah. Selain itu keberadaanya pun dapat menjangkau beberapa kota besar dengan lebih tepat. Karena pada dasarnya setiap stasiun kereta api umumnya berada di kawasan tengah kota. Bagi Anda yang ingin mendapatkan harga tiket murah tersebut, pastikanlah untuk melakukan booking tiket kereta di situs atau aplikasi Traveloka. Pasalnya selain tarifnya yang lebih murah, Anda juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan serta promo menarik lainnya.

  1. Kenyamanan

Dengan menggunakan alat transportasi yang satu ini untuk berlibur bersama keluarga, Anda pun bisa mendapatkan kenyamanan dengan lebih mudah. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan kereta api eksekutif yang tentunya keberadaan bangku yang dimilikinya dapat di-adjust sehingga menjadikan setiap ruang terasa lebih luas. Selain itu, kereta api juga dilengkapi dengan keberadaan AC, sehingga menjadikan udara di dalamnya tidak terasa pengap. Hal ini bahkan berlaku bagi jenis kereta api ekonomi yang saat ini juga telah dilengkapi dengan keberadaan AC di dalamnya. Kenyamanan juga bisa Anda dapatkan dari setiap gerbongnya yang mana Anda dapat berkeliaran dengan bebas selama perjalanan dilakukan sehingga perjalanan liburan pun tidak akan terasa penat dan membosankan. Selain itu, pastikan untuk membawa banyak bekal makanan dari rumah. Dengan demikian, ketika berada di dalam kereta pun Anda dan anggota keluarga lainnya dapat menikmati makanan yang dibekal dengan mudah dan menunda rasa lapar lebih lama.

  1. Proses check-in yang mudah

Untuk memasuki kereta api Anda tentunya akan melalui proses check-in terlebih dahulu. Namun tentu saja proses check-in yang dilakukan oleh kereta api tidak sesulit proses check-in yang dilakukan sebelum menaiki pesawat terbang. Karena itulah banyak diantaranya para penumpang yang lebih memilih untuk menggunakan alat transportasi ini dibandingkan dengan menggunakan alat transportasi umum lainnya. Untuk proses check-in itu sendiri umumnya dilakukan di peron, yang mana setiap petugas akan meminta Anda untuk menunjukkan boarding pass, serta kartu identitas, baik itu KTP, SIM, ataupun passport. Hal ini jelas tidak akan memakan waktu lama, apalagi jika setiap identitas yang Anda miliki dibuat sama persis dan tidak memiliki banyak perbedaan di dalamnya. Setelah itu Anda pun akan diizinkan untuk masuk ke dalam peron dan menunggu hingga kereta tiba. Dengan proses check-in yang cepat tentunya Anda beserta keluarga yang hendak melakukan perjalanan liburan pun tidak perlu mengantri dalam waktu lama.

  1. Bagasi berukuran besar

Ketika liburan, belanja oleh-oleh adalah hal yang wajib untuk dilakukan, Namun ketika belanja oleh-oleh dalam jumlah banyak tentunya akan menghambat proses kepulangan yang akan dilakukan, Namun hal tersebut tidak akan jadi masalah apabila Anda menggunakan alat transportasi berupa kereta api. Pasalnya kereta api dikenal dengan keberadaan bagasi yang berukuran besar serta luas. Sehingga setiap oleh-oleh yang telah Anda beli dan persiapkan untuk dibagikan pada kerabat lainnya pun dapat diangkut dengan mudah.

  1. Pemandangan alam yang indah

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan ketika berlibur dengan menggunakan kereta api adalah kehadiran dari pemandangan alam yang indah selama proses perjalanan dilakukan. Hal ini berkaitan dengan rute atau jalur lintasan kereta api yang umumnya dibuat terpisah dengan rute perjalanan lainnya, sehingga menjadikannya memiliki tampilan pemandangan yang lebih asri dan sedap untuk dipandang mata.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika berlibur menggunakan kereta api bersama keluarga.