Kalkulator Berat Badan Cegah Risiko Obesitas

  • 1 min read
  • Dec 14, 2020
Kalkulator Berat Badan

Kalkulator berat badan yang terdapat di klikdokter.com dapat digunakan untuk menghitung Body Mass Index atau Indeks Massa Tubuh, yang menjadi penilaian standar untuk menentukan apakah berat badan Anda tergolong normal atau tidak. Dengan mengetahui klasifikasi nilai IMT, Anda dapat melakukan pencegahan obesitas yang berisiko mengganggu kesehatan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mengubah Lifestyle

Gaya hidup sangat berpengaruh besar dalam peningkatan risiko obesitas. Misalnya ketergantungan terhadap rokok, konsumsi garam dan gula secara berlebih, kurangnya aktivitas fisik, serta kurangnya asupan sayur dan buah.

Rokok jelas dilarang karena menjadi penyebab risiko berbagai penyakit kronis. Sedangkan konsumsi gula, garam dan lemak tidak sepenuhnya dilarang. Karena tubuh tetap membutuhkan asupan tersebut dalam kadar tertentu. Untuk gula disarankan maksimal 50 gram perhari, garam 2 gram perhari, dan lemak 67 gram perhari.

Untuk sayur dan buah, didalamnya terkandung berbagai vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu Anda tidak boleh melupakan kebutuhan ini harus menjadi kebiasaan untuk konsumsi setiap hari.

  1. Mengukur Kelayakan Berat Badan

Obesitas dapat dicegah dengan mencari tahu perhitungan IMT menggunakan kalkulator berat badan. Sudah banyak alat kesehatan online yang tersedia seperti di klikdokter.com, namun Anda juga bisa melakukan perhitungan sendiri secara manual menggunakan rumus IMT. Yaitu membagi berat badan (kilogram) dengan tinggi badan (meter kuadrat).

  1. Meningkatkan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik ini tidak hanya berolahraga saja, namun aktivitas yang menggerakkan otot motorik Anda. Seperti aktivitas membersihkan rumah misalnya menyapu, mengepel, membereskan kamar, dan lain sebagainya.

Anda setidaknya melakukan gerak motorik kasar paling minimal 30 menit setiap harinya. Semakin meningkatnya aktivitas fisik yang dilakukan dapat berpotensi untuk mencegah obesitas.

Pencegahan obesitas sangat baik untuk dilakukan sedini mungkin. Selain dengan menghitung dengan kalkulator berat badan, Anda dapat menggunakan berbagai alat ukur kesehatan di Health Tools klikdokter.com ataupun melalui aplikasi KlikDokter yang bisa anda download dan install di smartphone Anda.