Inilah Cara Benar Menghitung Usia Kehamilan Tanpa Menggunakan Kalkulator Kehamilan

  • 2 min read
  • Aug 10, 2021
cara menghitung usia kehamilan

Ketika seseorang mengalami masa kehamilan masih muda mungkin jarang diketahui. Hal ini karena bentuk perut belum terlalu ke depan dan lebih kepada masih rata seperti biasa. Bentuk kehamilan ini baru diketahui seseorang lama tidak mengalami masa haid, sehingga dari sana diketahui akan adanya tanda-tanda kehamilan.

Ketika tanda ini mulai muncul maka harus selalu dihitung sejak dini sebab hal ini sangat penting untuk diketahui. Menghitung usia kehamilan ini tentu bermanfaat agar bisa mengetahui kapan bayi itu lahir atau bumil mengalami persalinan. Berikut cara mudah menghitung usia kehamilan ini dengan dua cara

Hari Terakhir Haid

Bumil diketahui sedang dalam masa hamil ketika dalam jangka waktu satu atau dua bulan tidak mengalami haid. Di masa ini tentu bumil sudah ada tanda-tanda ada proses kehamilan pada dirinya. Untuk menghitungnya tentu sangat mudah yaitu dengan cara berikut ini

Misalnya saja hari terakhir haid 10 Januari 2021 maka lahirnya bayi ini maka hari lahirnya bayi tersebut pada tanggal 17 Oktober 2021. Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa perhitungan hari lahir ini dihitung dengan menambah bulan menjadi 9 dan harinya di tambah 7. Jadi tanggal berapapun hari terakhir haidnya maka cara menghitungnya seperti yang dijelaskan di atas itu.

Hasil USG

Selain dari terakhir haid, bumil juga bisa melakukan pemeriksaan ke dokter spesial kandungan untuk diperiksa menggunakan USG. Pemeriksaan semacam ini tentu sangat akurat karena menggunakan alat khusus untuk mendeteksi keberadaan janin di dalam kandungannya itu. Untuk USG ini tentu kamu tidak boleh datang ke dokter umum tetapi ke dokter khusus atau spesialis kandungan.

Dengan USG ini bumil tidak hanya mengetahui berapa usia kandungan tetapi juga bisa melihat perkembangan janin. Sehingga, dengan USG janin di dalam tubuh dapat diketahui sehat atau tidaknya.

Itulah cara menghitung usia kehamilan bagi bumil yang baru saja diketahui kehamilannya. Proses penghitungan ini memang jika ada uang berlebih ada baiknya langsung menggunakan USG. Sebab, dengan USG ini janin bisa diketahui secara pasti kesehatannya. Jikalau tidak sehat, pasti dokter akan memberikan resep makanan yang perlu dikonsumsi oleh bumil.