Contoh Surat Pengunduran Diri yang Benar

  • 2 min read
  • Mar 25, 2021
Contoh Surat Pengunduran Diri

Bagi kamu yang akan mengundurkan diri dari tempat kamu bekerja. Sebaiknya kamu menulis surat pengunduran diri dengan baik, agar mempunyai kesan baik juga saat kamu mengakhiri pekerjaan kamu.

Ada empat hal yang harus kamu perhatikan dan ada dalam surat pengunduran diri. Berikut adalah 4 hal tersebut:

  1. Tujuan Pengunduran Diri

Pastikan di dalam surat tersebut kamu menjelaskan alasan pengunduran diri yang masuk akal dan dapat diterima oleh akal sehat. Pastikan alasan yang ditulis singkat, padat, dan jelas.

  1. Menggunakan Bahasa yang Sopan

Ini merupkan salah satu hal yang sangat penting saat surat pengunduran diri kamu dibaca maka perusahaan akan merasa terhormat dan memaklumi alasan pengunduran diri kamu. Pakailah bahasa yang baik, baku, dan benar sesuai dengan KBBI.

  1. Ucapkan Terima Kasih dan Mohon Maaf

Kesempatan bekerja yang diberikan perusahaan untuk belajar sekaligus bekerja tak luput dari rasa syukur. Maka dalam surat pengunduran diri yang baik kamu harus mengucapkan terima kasih dan diakhiri dengan permohonan maaf atas segala kesalahan yang diperbuat selama bekerja di perusahaan yang akan kamu tinggalkan.

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri:

  1. Contoh surat pengunduran diri 1

Jakarta, 11 Januari 2020

Yth,

HRD Hotel Andalan

Antapani, Bandung, Jawa Barat

Saya Thaqiq selaku Assistant Chef di Hotel Andalan dengan ini mengajukan permohonan untuk pengunduran diri. Saya akan berhenti sejak surat pengunduran ini dibuat. Sesuai dengan surat perjanjian kerja.

Ucapan terimakasih yang sebesar – besarnya saya ucapkan kepada segenap pimpinan dan juga rekan kerja yang selama ini memberikan dukungan kepada saya. Mungkin selama saya bekerja di Hotel Andalan ini melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak kepada semua rekan kerja ataupun kepada atasan saya selama bekerja di Hotel Andalan. Untuk itu saya memohon maaf sebesar-besarnya.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan sebenarnya, tanpa adanya dorongan dan paksaan dari pihak manapun. Besar harapan saya Ibu menerima permintaan pengunduran diri ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

 Mulyawan

  1. Contoh Surat Pengunduran Diri 2

Kepada Yth,

Ibu Kepala Sekolah SMAN 29 Bandung

Di tempat

Bersama surat ini saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                   : Riska

Jabatan                : Guru

Secara resmi mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Guru SMAN 29 Bandung. Pengunduran diri ini saya ajukan karena adanya tawaran pekerjaan yang lain. Dan bisa mengembangkan kemampuan saya.

Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan untuk memberikan ilmu di Sekolah ini. Tidak lupa juga saya minta maaf apabila ada perilaku yang kurang berkenan baik yang saya sengaja maupun tidak.

Saya berharap semoga kedepanya SMAN 29 Bandung bisa lebih maju dan mencetak generasi mandiri Indonesia.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Bandung, 3 Maret 2020

Hormat Saya

 Mulyawan

Berikut beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa kamu terapkan ketika akan membuat surat pengunduran diri untuk tempat kamu bekerja. Jangan lupa untuk mencross check terlebih dahulu surat yang kamu buat, agar memberikan kesan yang baik kepada perusahaan tentunya surat yang kamu buat harus dengan kalimat dan tata bahasa yang baik.