Pernahkah kamu mencicipi buah ini? Alpukat mentega adalah jenis alpukat unggulan karena mempunyai buah dengan daging yang lumayan tebal dengan tekstur kenyal dan tidak berair, warna buahnya kening bersih seperti mentega yang menarik pada saat dilihat, selain itu juga tidak mempunyai serat atau rambut dan mempunyai aroma yang khas alpukat yang sangat tajam.

Buah alpukat ini tergolong buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia, meskipun buah ini tidak mempunyai rasa yang manis atau dapat dikatakan hambar akan tetapi aroma dan tekstur daging buahnya membuat banyak orang menggemari buah yang satu ini.

Ciri – ciri Alpukat Mentega

Alpukat mempunyai banyak jenis atau bibit buah, bagi orang awam mungkin agak sulit membedakan antar alpukat mentega dengan alpukat yang lain. inilah cara untuk bagaimana mengenali ciri-ciri alpukat mentega.

Mempunyai Kulit Buah Halus

Alpukat mentega pada umumnya mempunyai permukaan kulit luar yang halus. Apabila kamu memeli alpukat mentega perhatikan permukaan kulitnya. Karena Alpukat mentega yang baik untuk dikonsumsi adalah alpukat mempunyai permukaan kulit yang halus dan mulus tanpa ada retak. Ketika buah sudah matang, kulit buahnya berwarna hijau agak kecoklatan dan terasa lebih lunak pada saat ditekan. Apabila kamu menerima alpukat mentega dengan kulit masih berwarna hijau, tandanya alpukat tersebut belum matang. Tunggu buah sampai matang antara 1-2 hari.

Daging Buah Tidak Menempel Pada Biji

Ketika kematangannya sudah sempurna, biji alpukat akan terlepas dari dagingnya. Dan kamu cukup menggoyangkan buah alpukat dan dengarkan suaranya.

Daging Tebal & Tidak Berserat

Sudah terdengar jelas dari namanya bahwa alpukat mentega terkenal dengan tekstur daging yang lembut seperti mentega. Daging buahnya pun tebal dan tidak berserat sehingga mudah untuk diolah bersama makanan lain ataupun dimakan langsung.

Alpukat Mentega Dapat Berbuah Terus Menerus

Pohon alpukat mentega dapat tumbuh pada daerah dataran rendah hingga dataran tinggi akan tetapi dapat tumbuh dengan bagus dan dapat berbuah secara maksimal apabila di tanam di daerah dataran tinggi dengan ketinggian maksimal 1,500 m di atas permukaan laut.

Kini dapat kamu bayangkan betapa lezatnya buah alpukat apabila daging buahnya seperti mentega, lembut, kuning dan beraroma khas. Perlu kamu ketahui alpukat terus menerus berbuah setiap tahun, apabila produksi pohon yang sudah dewasa dapat meraih 350 sampai 450 buah dalam satu pohonnya.

Ukuran dari buah alpukat sangat bervariasi tergantung dari nutrisi dan unsur hara tanah. Ukuran diameter buah Alpukat sekitar 7-20 cm, dan biji mempunyai ukuran sekitar 5-6,4 cm. Buah Alpukat mempunyai kulit yang lembut warna hijau tua, ungu hingga kecoklatan. Warna kulit ini tergantung dari varietas buah alpukat yang di tanam.

Keunggulan Alpukat Mentega

Selain buah alpukat mentega ini sangat diminati oleh masyarakat Tanah Air dan penjualannya juga tidak susah karena butuh buah alpukat di pasaran sekarang ini masih banyak. Akan tetapi terkadang kita kurang puas ketika buah alpukat yang kita dapat ternyata daging buahnya tipis dan teksturnya kurang lembut. Selain itu terutama bagi para wanita buah yang satu ini digemari karena manfaatnya yang sangat banyak salah satunya untuk kecantikan.

Daging alpukat ini bisa digunakan sebagai bahan dasar produksi kosmetik. Dengan memiliki khasiat daging alpukat mentega dapat mengobati sariawan, memberikan kelembaban pada kulit kering serta dapat melawan kolesterol jahat. Daun pohon alpukat berkhasiat mengatasi kencing batu, sakit kepala, darah tinggi, nyeri lambung, nyeri saraf, pembengkakan pada saluran pernapasan serta dapat membantu mengatasi permasalahan tidak teraturnya menstruasi. Biji buah nya dapat mengatasi kencing manis serta sakit gigi.