Cara untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat PMS (Pre Menstrual Syndrom)

  • 2 min read
  • Sep 03, 2021
PMS (Pre Menstrual Syndrom)

Apa itu pms? merupakan sebuah singkatan (Pre Menstrual Syndrom) yang merupakan sebuah sindrom atau juga sekumpulan gejala yang dialami sebelum masa pada menstruasi, tepatnya dengan sekitar 7-10 hari sebelumnya. Yang biasanya para perempuan akan merasakan sakit secara fisik maupun emosional sebelum datang bulan alias haid. Meski kerap sangat dianggap lebay oleh kalangan pria, yang pada kenyataannya PMS memang sangat begitu sakit. Dengan beragam kondisi yang di alami oleh perempuan Ketika pada masa PMS tiba. Sakit pinggang, mual, hingga juga sangat begitu kelelahan. Bahkan di antaranya, ada pula yang mengalami sebuah gejala dengan timbulnya banyak sekali jerawat pada bagian wajah.

Enggak Cuma itu, yang kadang di kala datang bulan tiba, emosi Wanita juga akan berkali-kali lipat. Dengan rasa yang ingin marah, menangis, hingga suasana hati yang enggak menentu yang rasanya sangat campur aduk menjadi satu. Makanya jangan heran kalau banyak sekali Wanita yang sangat marah di kala PMS datang. PMS juga merupakan kumpulan sebuah gejala ketiadaknyamanan pada fisik dan juga mental yang terjadi sekitar 1-2 minggu sebelum mulai haid, yang akan menghilang Ketika pendarahan haid dimulai, yang membuatnya berbeda dengan dismenorea. Gejala PMS menghilang Ketika sebuah darah haid keluar, sedangkan pada gejala dismenorea yang memuncak 2-3 hari setelah Haid dimulai.

Semua Wanita Mengalami PMS

Fakta yang sering kamu tahu adalah, tidak semua perempuan itu akan merasakan PMS sebelum masa datang bulan tiba. PMS yang sangat umumnya yang sering terjadi pada Wanita di usia 30 dan juga berakhir pada usia 40 tahunan, gejala yang sering di rasakan pun terbilang cukup sangat ringan. Oleh karena itu, ada pula Wanita yang mengalami gejala berlebihan ketimbang wanita lainnya. Wanita dengan tingkat kestresan yang tinggi dan juga mempunyai sebuah sejarah depresi kemungkinan besar mengalami PMS yang lebih sangat sering dan juga di sertai dengan sebuah gejala yang lebih serius.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika PMS

Mungkin kamu harus tahu dengan menjadi sangat wajar kalau Wanita yang mengalami PMS sebelum masa menstruasi tiba. Enggak ada sebuah hal yang begitu khusus yang perlu dilakukan apalagi cara untuk mengatasinya. Meski enggak bisa di batasi tetapi PMS itu bisa diredakan. Kamu juga bisa melakukan aerobik atau juga dengan tidur untuk mengurangi gejala PMS berupa depresi, rasa cemas, dan juga mood yang marah. Dengan menerapkan pula gaya hidup yang sehat dengan tetap mengontrol asupan buah dan juga syair ke dalam tubuh kamu. Kalau kamu merasa bahwa stres pada saat menstruasi, mungkin kalian coba dengan melakukan hal tersebut ke berbagai kegiatan yang sangat positif. Mulai dari melakukan yoga, meditasi dan yang lain-lain.

Pertimbangkan Penggunaan Obat-obatan

Pada saat kamu mengalami gejala PMS datang, kamu bisa mempertimbangkan terlebih dahulu untuk penggunaan konsumsi obat-obatan. Yang terlebih jika gejala PMS cukup berat hingga sangat mengganggu aktivitas mengonsumsi obat. Beberapa jenis obat yang biasa di pakai untuk membantu mengatasi gejala PMS. Obat anti nyeri, misalnya Parasetamol. Obat yang satu ini dapa sangat membantu kamu untuk mengurangi rasa sakit pada PMS. Antidepresan. Obat ini yang sangat lazimnya untuk di gunakan untuk mengobati depresi. Yang akan tetapi pada kasus PMS tertentu. obat ini yang mungkin untuk membantu untuk meringan kan keluhan pada PMS.