Cara Membangun Backlink Mudah Berkualitas

  • 2 min read
  • Aug 03, 2021
Jasa Backlink

Membangun sebuah backlink demi perkembangan website atau blog menjadi tantangan tersendiri bagi para profesional SEO. Sehingga, diperlukan langkah yang tepat dalam melakukannya. Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa backlink merupakan suatu strategi yang dilakukan untuk meningkatkan digital marketing melalui metode SEO. Berikut beberapa cara untuk membangun backlink berkualitas.

  1. Perhatikan relevansi konten

Hal terpenting untuk membangun backlink berkualitas adalah tingkat relevansi sebuah tautan yang dibuat dengan situs. Tingkat relevansi yang tinggi akan menjadikan backlink yang kamu bangun semakin berkualitas.

Misalnya, jika anda memiliki web dengan niche kesehatan maka anda bisa menautkan link pada situs kesehatan yang memiliki kredibilitas tinggi.

Dengan demikikan anda dapat memperoleh backlink dari website atau situs lain asalkan anda melakukannya dengan konsisten sekaligus menyajikan konten yang berkualitas.

Cara lain untuk membangun backlink adalah dengan memakai tools backlink yang juga disebut sebagai bantuan pihak ketiga. Cara sebelumnya merupakan cara natural yang bisa anda lakukan untuk memperoleh backlink dari situs web lain. Selain itu, anda juga perlu menjemput backlink dengan langsung agar web anda mengalami peningkatan yang cepat.

Salah satu caranya yakni dengan memakai tools backlink seperti ubbersuggest, ahrefs, dan lainnya.

Disini, anda dapat menemukan web atau blog menggunakan kata kunci yang sesuai dengan konten anda. Disamping itu, anda juga bebas memilih web mana saja yang mempunyai kualitas tinggi, lalu dekati dengan personal agar bersedia untuk memberikan backlin yang menuju web anda.

Perlu diingat, bahwa sebelum melakukan semua cara ini, pastikan anda memaksimalkan web yang anda kelola dengan baik agar pemilik situs lain bersedia untuk memenuhi permintaan backlink yang anda tawarkan.

  1. Memanfaatkan content sharing platform

Sekarang ini, tersedia banyak platform yang dapat anda pakai, misalnya Medium, Hipwee, IDN Times, Reddit dan lainnya. Anda dapat membuat artikel bermanfaat dari platform tersebut serta menautkan sebuah backlink didalamnya yang selanjutnya mengarah ke situs web anda.

Akan tetapi, pastikan konten yang anda buat sesuai dengan isi web anda. Cara ini bisa dilakukan secara konsisten saat anda sedang membangun sebuah backlink.

Masing-masing link eksternal pada situs anda dapat membocorkan otoritas. Hal ini mengharuskan anda untuk meng-audit situs dan menemukan link eksternal yang rusak. Untuk menemukan link yang rusak, anda bisa memakai tools seperti ahrefs, siteliner, screaming frog SEO spider atau Google search console.

  1. Lakukan guest blogging

Guest blogging yaitu aktivitas menuliskan artikel atau konten yang akan diupload di situs atau web orang lain. Anda dapat menuliskan sebuah artikel pada web orang lain, lalu masukkan backlink yang mengarah ke blog atau web anda di dalamnya.

Meskipun demikian, anda tidak boleh sembarangan dalam memilih blog. Usahakan untuk memilih website dengan kualitas yang baik sebagai tempat anda akan menulis. Apabila kualitas web tersebut bagus, maka tidak ada salahnya jika anda meminta penawaran untuk menanamkan backlink anda di dalamnya. Hal ini karena,  penawaran backlink tersebut bisa memberikan pengaruh baik bagi web anda.

Jadi, jika traffic yang dihasilkan oleh web yang anda incar tersebut tidak begitu bagus, ada baiknya anda mengurungkan niat dan mencari alamat situs lain yang lebih baik.

Nah, itulah uraian mengenai cara membangun backlink yang mudah dan berkualitas. Bagi anda yang masih bingung bagaimana membuat backlink dengan baik, anda bisa memakai jasa backlink terpercaya dan dapatkan penawaran yang bisa membuat optimasi SEO anda menjadi lebih mudah.