Berikut Kelebihan Memilih Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Bunga Rendah dari Kredit Multiguna Bank

  • 2 min read
  • Oct 12, 2020
Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Bunga Rendah dari Kredit Multiguna Bank

Masalah keuangan di dalam rumah tangga memang menjadi salah satu hal yang tidak dapat dihindari. Apalagi di tengah kondisi ekonomi negara yang juga tidak stabil. Belakangan ini Indonesia memang tengah di goncang dengan badai virus Corona yang tidak kunjung selesai. Membuat keuangan negara juga ikut bergejolak, karena banyak sekali sektor yang juga terkena imbasnya. Tingkat pengangguran semakin tinggi ditambah lagi dengan kemiskinan yang kian merajalela. Sehingga memaksa banyak orang mengandalkan produk-produk keuangan dari bank, seperti diantaranya adalah pinjaman jaminan sertifikat rumah bunga rendah.

Istilah produk pinjaman yang satu ini pastinya sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda bukan, karena termasuk salah satu produk keuangan yang banyak dipilih masyarakat untuk mengatasi masalah mereka. Banyak lembaga pembiayaan yang juga menawarkan produk tersebut, mulai diantaranya adalah dari bank sampai dengan lembaga pembiayaan non bank lainnya. Sehingga masyarakat sendiri juga diberikan banyak pilihan jika ingin mendapatkan pinjaman ini, karena jika satu lembaga menolaknya, maka bisa mengajukan pada lembaga yang lainnya.

Namun tetap saja produk kredit multiguna yang berasal dari bank menjadi pilihan utama bagi masyarakat, mengingat beragam keunggulan yang ditawarkan, jika dibandingkan dengan pembiayaan yang lainnya, yaitu:

  1. Bunga relatif rendah, produk Kredit Multiguna ini menyertakan bunga yang nominalnya relatif rendah jika dibandingkan dengan produk keuangan seperti KTA. Sehingga nantinya tidak akan terlalu membebani cicilan Anda setiap bulannya. Karena kebanyakan diantara lembaga pembiayaan on perbankan sendiri menerapkan jenis bunga flat, namun dengan nominal yang jauh lebih besar dibandingkan dengan produk bank. Bahkan tak jarang ada yang tidak masuk akal.
  2. Menjamin penuh keamanan barang jaminan nasabahnya, inilah yang juga membedakan antara produk KMG perbankan dan juga non bank, karena mereka menjamin sepenuhnya keamanan dari barang yang diagunkan oleh nasabahnya, dimana setiap produk jaminan tersebut juga akan difasilitasi dengan asuransi. Sehingga jika dalam prosesnya terjadi masalah seperti kehilangan sampai dengan kerusakan karena kebakaran dan lain sebagainya, maka nantinya pihak bank juga akan menggantinya, berbeda dengan pembiayaan non bank, Anda harus mengasuransikannya sendiri. Jika seandainya tidak maka jika ada kerusakan mereka tak akan bertanggung jawab.
  3. Ada prosedur dan juga perjanjian yang detail, hal ini tertuang di dalam kontrak perjanjian tersebut, sehingga penting sebelum Anda tanda tangan atau menyetujuinya maka harus dibaca secara teliti terlebih dahulu. Jika ada hal-hal yang tidak diketahui atau belum dimengerti maka nantinya bisa Anda tanyakan terlebih dahulu. Jadi jika seandainya terjadi perubahan maka debitur juga akan diberi tahu terlebih dahulu oleh pihak bank tersebut.
  4. Tenor panjang, lamanya waktu pelunasan hutang tersebut yang diberikan kepada debitur mencapai 60 bulan, sehingga akan membuat cicilan Anda juga terasa semakin ringan. Karena bisa memilih tenor yang panjang jika seandainya dari segi pemasukan atau income yang dimiliki pas-pasan, cicilan nilainya jadi semakin ringan atau kecil.

Karena memang banyak sekali bank yang menawarkan pinjaman jaminan sertifikat rumah bunga rendah, khususnya produk Kredit Multiguna, maka bisa survey terlebih dahulu. Banding-bandingkan beberapa aspek sebelum nantinya Anda menjatuhkan pilihan, sehingga tidak menyesal terhadap pilihan tersebut. Utamakan dari segi keamanan, kemudian juga bunga dan juga beberapa aspek yang lainnya. Pilihan yang tepat akan memberikan manfaat bagi Anda.