Berat Badan Ideal Balita yang Harus Ibu Tahu

  • 2 min read
  • Aug 05, 2021
Berat Badan Ideal Balita

Apakah Anak ibu terlalu kurus dan menjadi kekhawatiran banyak orangtua? Supaya bisa tumbuh optimal, maka anak membutuhkan energi atau kalori yang berasal dari diet bervariasi dan seimbang. Bila anak kekurangan berat badan, mereka mungkin tidak mendapatkan cukup kalori dalam tubuhnya. Jika kamu khawatir anak kurus ataupun berat badannya tidak ideal, kamu bisabkunjungi dokter. Berat badan rendah dapat terjadi karena sejumlah alasan.

Lalu, bagaimana kamu tahu bahwa berat badan anak kurang? Karena sebagai orangtua, sulit untuk mengetahui apakah anak kekurangan berat badan normal ataupun kurang. Langkah pertama untuk bisa mengetahui berat badan ideal balita yakni dengan memeriksa berat badan yang sehat untuk usia, tinggi badan dan juga jenis kelamin mereka. Kamu juga dapat memantau pertumbuhan anak dengan menggunakan kurva pertumbuhan WHO yang benar.

Sebagai ilustrasi. Contoh anak kamu perempuan. Yang berusia 3 tahun dengan berat badan 10.5 kg. Nah apakah berat badan anak tergolong ideal? Dengan berdasarkan kurva pertumbuhan, pada anak usia 3 tahun, berat badannya terbilang ideal apabila berada pada rentang sekitar 12.2 sampai 15.8 kg. Sehingga jika berat badan anak hanya 10.5 kg, itu berarti anak kamu masuk dalam kategori berat badan kurang.

Dari rilis yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI tentang Kategori dan Ambang Batas Status Gizi Berdasarkan Indeks atau (ABSGBI), Berat Badan Anak Menurut umur yakni 0-60 bulan, anak dikategorikan sangat kurus jika ambang batasnya sekitar <- 3 SD, kurus -3 SD hingga < -2 SD yakni normal jika -2 SD hingga 2 SD.

Jika kamu telah mengetahui bahwa berat badan anak ternyata kurang, maka kamu bisa berkonsultasi pada dokter untuk dapat mengetahui tentang kemungkinan penyebabnya. Dan jika ada masalah dengan pola makan anak kamu, dokter dapat memberikan saran yang akan membantu meningkatkan berat badan yang sehat bagi anak. Semua anak juga membutuhkan energi atau kalori dan nutrisi yang berasal dari diet yang bervariasi dan seimbang.

Diet sehat ini untuk anak tidak sama dengan orang dewasa. Namun banyak alternatif sehat yang disarankan untuk dimakan orang dewasa akan tidak cocok untuk anak kecil dan juga balita.