Bentuk dan Fungsi Kardus Box

  • 2 min read
  • Mar 01, 2020
Kardus Box

Pastinya anda akan sangat familiar dengan yang namanya kardus box?. Apa itu kardus box dan apa fungsi dari kardus box ini?Pada umumnya kardus ini berfungsi sebagai tempat untuk mengemas sesuatu. Memang ada juga bahan lain yang biasa dijadikan sebagai tempat mengemas seperti plastik atau sterofoam. Namun bahan-bahan tersebut mengandung zat berbahaya bagi tubuh yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Selain itu, bahan-bahan tersebut juga tidak ramah lingkungan. Maka dari itu dikenalkan kardus standard.

Macam – Macam Kardus Box

*  A1/A Flap

Jenis kardus ini merupakan kardus yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bentuknya yang sederhana serta dimensi panjang, lebar dan tinggi. Kardus ini juga dilengkapi dengan tutup atas dan bawah yang akan saling bertemu atau disebut flap. Adapun ciri-ciri kardus ini : terdapat flap yang akan bertemu di bagian tengah, biasanya flap ini direkatkan menggunakan isplasi atau lakban.

* A2

Kardus berikutnya adalah A2. Tidak jauh berbeda dengan kardus standard A1, kardus ini memiliki ciri-ciri yang sama dengan kardus A1. Namun yang membedakannya adalah harganya yang lebih mahal dengan luas bahan yang lebih besar.

* A3

Kardus A3 ini juga memiliki flap yang bertemu di tengah namun bagian tepi box tidak lurus seperti A1. Memang virinya hampir sama namun pembedanya bagian tepinya tidak sama rata, harganya lebih mahal karena lebih luas serta proses pengerjaannya juga lebih lama.

* A5

Kardus selanjutya adalah kardus standard A5. Adapun ciri-ciri dari kardus type A5 ini adalah memiliki flap akan tetapi saat menutup flap lebar penuh sampai di tepi sehingga flap tidak bertemu di tengah.

Fungsi Kardus Box

  1. Mengemas Barang

Fungsi kardus yang pertama adalah untuk mengemas barang. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa kardus box ini memiliki jenis yang beragam dengan ukuran yang berbeda pula sehingga bisa memudahkan dalam melakukan pengemasan. Mulai dari barang dengan ukuran kecil hingga barang dengan ukuran besar, semuanya bisa dikemas dengan rapi dan bagus. Dengan begitu bisa terjamin keamanannya jika harus melalui pengiriman yang lama dan jauh.

  1. Penunjang Bisnis

Selain untuk mengemas barang-barang, kardus juga bisa digunakan untuk menunjang bisnis. Dimana kardus ini digunakan untuk mengemas produk-produk yang dijualnya. Adapun produk-produk yang dijual tersebut diantaranya gadget, alat kecantikan, mainan, dan lain sebagainya. Bahkan tidak sedikit dari pengusaha/pebisnis yang menggunakan desain yang sesuai dengan branding produk mereka pada kemasan kardusnya. Hal ini dilakukan bertujuan sebagai promosi secara tidak langsung. Pastinya dengan menggunakan kardus yang menarik, selain bisa menambah nilai jual juga sebagai identitas produk anda. Sehingga dengan semakin unik kardus kemasan yang anda miliki maka akan semakin familiar dimata orang.

Selain itu, keunggulan lain yang bisa diperoleh dari kardus dengan desain ini yakni bisa menjadi pembeda produk anda dengan produk kompetitor.  Nah, bagi anda yang ingin mencetak sablon kardus, anda bisa mencetaknya di Printerous.com. Karena di Printerous.com menyediakan segala kebutuhan dan jenis sablon kardus yang murah. Cetak kardus box online dengan harga murah, mudah, cepat dan berkualitas untuk keperluan bisnis anda hanya di Printerous.com

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang bentuk dan fungsi kardus box semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.