Jika Anda termasuk salah satu gamer, maka harus memilih laptop yang tepat supaya bermain dengan baik. Tidak sembarang laptop bisa digunakan untuk gaming. Kalaupun bisa, dipastikan performanya tidak akan optimal dan tampilannya tidak memuaskan. Oleh karena itu, biar tidak salah pilih, berikut ini cara memilih laptop berdasarkan spesifikasi gaming yang tepat.

Perhatikan Daya Tahan Baterai

Tidak dipungkiri jika gamer lebih menyukai bermain di tempat-tempat yang nyaman biar lebih seru. Namun, seringkali daya tahan baterai yang terbatas menjadikan gamer harus berpindah ke sumber colokan listrik. Nah, untuk mengatasinya, tips membeli laptop gaming pertama adalah perhatikan daya tahan baterai yang disematkan.

Permasalahannya, meskipun Anda telah memastikan spesifikasi laptop yang baik dengan daya tahan baterai yang besar, namun bukan berat baterai tersebut benar-benar bisa bertahan lama. Pasalnya, tiap laptop gaming selalu dibekali spesifikasi yang tinggi dan kinerja yang berat, sehingga kapasitas baterai yang besar pun tidak akan bertahanĀ  lebih dari dua jam ketika digunakan gaming.

Namun, untuk mengantisipasi kerusakan, Anda bisa pertimbangkan hal berikut ini. Ketahuilah, ada dua jenis baterai laptop yaitu removable atau yang bisa dilepas dan non-removable atau yang tidak bisa dilepas. Nah, supaya lebih mudah mengganti baterai ketika terjadi kerusakan, usahakan pilih baterai removable saat membeli laptop terbaik 2019. Hindari pula kebiasaan mencabut baterai laptop secara tiba-tiba ketika sedang bermain game. Akibatnya, kebiasaan tersebut bisa merusak motherboard saat aliran listrik mati secara tiba-tiba.

Resolusi Layar yang Digunakan

Cara memilih laptop berdasarkan spesifikasi gaming lainnya adalah perhatikan resolusi layarnya. Ketahuilah, resolusi layar minimal yang dibutuhkan oleh laptop gamingĀ  adalah FHD 1920 x 1080. Sedangkan ukuran layar minimal adalah 15.6 inchi, namun pengalaman gaming yang baik bisa kamu dapatkan dengan layar 17.3 inchi. Secara gamblang, semakin besar resolusi layar digunakan beserta ukuran layarnya, maka kepuasan saat bermain game akan jauh lebih maksimal. Hal ini juga ada kaitannya dengan jenis VGA yang disematkan.

Keyboard Laptop Gaming

Selain dua hal di atas, keyboard juga menjadi salah satu bagian yang perlu diperhatikan saat membeli laptop gaming. Pada umumnya, laptop gaming telah menerapkan keyboard dengan backlight, sehingga memudahkan gamers untuk menekan keyboard saat kondisi sekitar gelap. Selain backlid, usahakan laptop gaming pilihan Anda memiliki Numpad, sehingga memudahkan pengetikan angka-angka dengan cepat.

Kualitas Audio yang Dihasilkan

Audio juga menjadi pertimbangan lain saat membeli laptop gaming. Ya, meskipun para gamer lebih sering menggunakan headphone gaming karena kualitas suara yang diberikan, namun memperhatikan kualitas audio baik headphone dan speaker juga penting. Misalnya, pada seri laptop gaming Asus ROG yang telah menyematkan software berupa Republic of Gamers Audio Wizard, dimana memiliki kemampuan untuk mengubah kualitas suara sesuai kebutuhan pengguna.

Port yang Tersedia

Jangan pikir, seorang gamer hanya membutuhkan resolusi yang jernih dan kualitas suara yang gahar saja, melainkan port yang tersedia. Beberapa jenis port yang mungkin dibutuhkan oleh para gamer adalah USB 3.0 HDMI atau mini display port. Sebelum membeli laptop gaming, usahakan memiliki 3 port USB 3.0 guna menghubungkan beragam perangkat lain pada laptop. Sedangkan untuk port HDMI berguna untuk menghubungkan laptop ke layar yang lebih besar/

Selain yang telah diulas di atas, masih ada beberapa cara memilih laptop berdasarkan spesifikasi gaming lain yang perlu diperhatikan seperti desain, CPU, RAM, VGA, hingga media penyimpanannya. Jika sudah paham, bisa cek harga laptop gaming terbaik hanya di JD.ID!